8 Cara Membuat Daun Pintu Rumah Sendiri

Cara Membuat Daun Pintu Rumah Sendiri

Artikel berikut ini akan membahas bagaimana cara membuat daun pintu. Cara membuat daun pintu sendiri melihat detail dan teliti untuk menentukan ukuran yang tepat dalam membuat pintu. Sebelum membuat pintu , biasanya akan membuat design utnuk menentukan ukuran secara pintu yang akan bangun pada rumah atau suatu bangunan. Supaya juga tidak salah dalam memperkirakan ukuran.

Baca juga : Cara Membuat Pintu Triplek Sederhana Mudah Dan Cepat

Daun Pintu

Daun Pintu

Berikut ini langkah-langkah cara membuat daun pintu

1. Pertama kita pilih bahan sesuai kebutuhan dari bentuk atau model pintu yang kita inginkan. Pemilihan kayu juga harus yang berkualitas dan kayu tidak mengandung hama atau kayu yang mudah patah.

2. Setelah memilih bahan, potong bahan kayu sesuai ukuran daun pintu. Dalam pemotongan bahan kayu kita harus teliti dengan ukuran yang sudah ditentukan jangan sampai lebih.

3. Selanjutnya penyerutan, sebelum memulai penyerutan mesin serut harus dalam keadaan normal atau tidak rusak, mata pisaunya pun harus tajam. Untuk penyerutan kayu jangan terlalu banyak-banyak, tetapi cukup ambil presisinya saja atau di setiap sudut kayu. Yang paling penting jangan sampai penyerutan kayu itu tidak siku karna dapat membuat mulet atau muntir dalam penyetelan pintu.

4. Untuk mendapatkan kelebaran dan ketebalan kayu gunakan plusut. karna dengan menggunakan alat plusut itu lebih mudah dalam penyerutan. Jika proses penyerutan bahan kayu sudah selesai selanjutnya pengukuran pintu ukurlah panjang dan lebar mengggunakan angka meteran di bahan kayunya. Kemudian kita memprosteknya di bagian-bagian ukuran sunduk kayu itu secara bertautan gunkan mesin serkel untuk memprosteknya.

5. Selanjutnya membuat purusan. Untuk membuat purusan itu jangan sampai miring atau kekecilan atau terlalu tebal yang paling di utamakan dalam membuat daun pintu adalah bagian membuat purusannya.

6. Kemudian proses pem profilan bagian slimar dan sunduk proses ini menggunakan profil Langkah selanjutnya memotong bagian-bagian kayu.

7. Untuk pembuatan isi gunakan paku dan lem untuk menyambungkan papan, gunakan pres supaya penyambungan menghasilkan yang kuat dan untuk isi atau papan itu berbentuk panil.

8. Langkah terakhir pengetrapan, untuk pengetrapan gunakan paku dari kayu atau patek dan lem di setiap purusan agar menambah daya kekuatan pintu.

Itulah langkah-langkah cara membuat daun pintu. Semoga cara ini dapat bermanfaat untuk anda.

Sering Dicari :Pintu rumah
8 Cara Membuat Daun Pintu Rumah Sendiri | Tina | 4.5